About Me

My photo
duren sawit jakarta, jakarta timur, Indonesia

Wednesday, November 21, 2018

Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot









Ada banyak pertanyaan yang ditujukan ke BLOG tentang bagaimana cara memasang iklan Google Adsense di blog. Tentu saja untuk memasang iklan, Anda harus sudah disetujui oleh Google Adsense terlebih dahulu.

Saya beranggapan yang bertanya saat itu sudah dapat persetujuan. Pun kalau belum, terlebih dahulu harus mendaftar.

Baca Caranya: Cara Daftar Google Adsense dari Blogspot


Pada dasarnya, ada dua cara yang disediakan Google untuk memasang iklan di blog. Cara jika Anda mendaftar Adsense melalui blogger dan cara jika memasang iklan melalui dasboard akun Google Adsense yang konvensional.


Artikel ini diupdate 26 Maret 2018. Cara yang dijelaskan sebelumnya sudah mengalami perubahan, sehingga diperhabarui sesuai perkembangan terkini.

Pasang Iklan Google Adsense dari Blogspot

Cara ini terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun blogger Anda dan memilih Penghasilan. Jika Anda mendaftar Adsense tidak melalui blogspot, ada baiknya mengaitkan dulu akun adsense Anda dengan blogspot. Caranya dengan memasukkan ID akun Anda.

Jika berhasil maka tampilannya akan seperti berikut :


Untuk memasang iklan Adsense di blog, pilihlah Ya pada opsi Tampilkan iklan di blog. Di bawahnya ada pilihan untuk menyesuaikan lebih lanjut. Jika mengklik tulisan tersebut, kita akan diarahkan ke 'Tata Letak'. Pada cara terdahulu pilihannya akan langsung dihalaman semula. Ada tiga format yang ditawarkan. Seperti gambar berikut:

  • Tampilkan iklan di bilah samping dan entri: artinya iklan akan tampil di sidebar blog dan di bagian akhir postingan. 
  • Tampilkan iklan di bilah samping : iklan hanya akan tampil di sidebar blog
  • Tampilkan iklan di bawah entri : ikan hanya akan muncul di bagian bawah atau akhir postingan. 
Namun cara di atas sudah tidak berlaku lagi. Dengan hanya memilih Ya, iklan adsense sudah bisa muncul di versi mobile. Tanpa perlu dilakukan tindakan lebih lanjut. Namun jika perlu mengaturnya dalam vesri desktop, maka kita akan dialihkan ke laman 'Tata Letak'.

Pada laman 'Tata Letak', Anda hanya perlu menekan tombol 'Tambahkan Gadget'. Kemudian akan muncul jendela baru yang berisi beragam pilihan. 'Adsense' biasanya berada di bagian paling atas. Tinggal menekan tombol (+) yang berwarna biru. Atau tulisan Adsensenya.


Halaman konfigurasi akan terbuka. Silahkan mengatur tampilan iklan yang diinginkan. Usahakan formatnya responsif biar ketika dibuka dalam versi yang berbeda, iklannya tetap menyesuaikan. Jenis iklannya pun sebaiknya pilih 'Teks dan Gambar'.


Untuk perpaduan warna, silahkan di eksplorasi sendiri. Tepat di bawahnya ada pratinjau yang iklan ketika dimunculkan. Jika sudah selesai dengan halaman konfigurasinya, tekan 'Simpan' di pojok paling bawah. Setelah itu, penempatan iklannya bisa dimana saja. Tinggal drak dan save.

Jika unit iklan baru yang pasang, akan ada beberapa saat iklannya baru muncul. Kalian bisa menambahkan berapapun iklan di halaman blog. Lakukan cara di atas untuk menambah yang baru.

Baca: Tutorial Lengkap Agar Mujur Daftar Google Adsense 

Pasang Iklan Google Adsense dari Akun Adsense

Untuk memasang iklan melalui akun Adsense, pertama-tama login dulu ke dasboardnya. Kunjungi google.com/adsense dan masukkan email yang telah disetujui oleh Adsense. Setelah berhasil, Anda akan dihadapkan pada tampilan beranda. Disini Anda bisa melihat laporan penghasilan Adsense.

Selanjutnya, klik Iklan Saya yang berada di bawah beranda.


Pada pilihan My Ads atau Iklan Saya. Adsense menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama Content, AdMob, Search, Ad Styles dan Other Products. Rata-rata kita akan menggunakan pilihan Content. Di dalamnya ada Auto Ads, Ad Units, Ad Balance, Custom Channels dan URL Channels.

Auto Ads termasuk pilihan baru yang dimunculkan Adsense. Cara kerjanya sederhana. Kita tinggal memasang, lalu iklan akan muncul dengan sendirinya dan mencari posisi yang paling tepat. Bisa di atas, di tengah artikel atau paling bawah. Sayangnya, Auto Ads lebih banyak berlaku di mobile vertion.

Kita akan membahas tentang Auto Ads di artikel terpisah.

Untuk mengambil kode iklan dan memasangnya di blog secara manual, maka pilihannya ke Ad Units. Ketika menekan tombol tersebut akan muncul halaman baru. Untuk membuat unit iklan baru, klik tombol + Unit iklan baru.


Akan muncul empat jenis unit iklan yang tersedia. Tiga diantaranya berupa Native Ads. Ada Matched Content, In-feed ad dan In-article Ad. Silahkan memilih jenis iklan yang hendak dipasangkan ke blog. Saya contohkan yang paling umum saja. Teks & display ads.


Saat menekan tombol pilih atau Select akan muncul halaman konfigurasi. Pada tahap inilah akan memilih, tampilan iklannya seperti apa. Jangan lupa, untuk setiap unit iklan yang dibuat selalu mengisi nama agar bisa mengukur kinerjanya suatu waktu.


Pilih ukuran iklan yang akan dibuat. Anda bisa memilih jenis ukuran yang disediakan dengan mengklik pilihan Menampilkan. Ada sekitar tujuh jenis pilihan yang diberikan. Pertama yang Disarankan, ini adalah jenis yang paling banyak digunakan. Spanduk Horizontal, Spanduk Tegak, Persegi Panjang Responsif, Ukuran khusus dan Iklan Tautan.


Setiap ukuran, Anda bila melihatnya terlebih dahulu dengan mengklik Pratinjau, seperti ukuran 300x250 berikut ini.


Setelah yakin dengan ukurannya, selanjutnya pilih Jenis Iklan. Ada tiga pilihan, menampilkan iklan dalam bentuk teks dan gambar, hanya iklan gambar atau hanya iklan teks.


Jika memilih iklan teks dan gambar, ada baiknya Anda memilih gaya iklan teks yang akan ditampilkan. Di bagian ini ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan blog Anda. Untuk mengeditnya, klik tombol Salin dan Edit.


Di bagian bawah, masih ada dua opsi, Saluran khusus dan Iklan Cadangan. Keduanya hanya berguna untuk waktu-waktu tertentu saja. Jika telah yakin dengan pilihan, selanjutnya klik Simpan dan dapatkan kode.


Langkah selanjutnya, tinggal mengcopy kode iklan yang muncul. Pasang di blog kalian dengan dua cara. Bisa di bagian Tata Letak, bisa juga di bagian Edit HTML pada pengaturan Theme. Cara mudah memasangnya dengan mengikuti langkah pertama di atas dengan perintah 'Tambahkan Gadget' lalu pilih HTML/JavaScript.

Jika proses pemasangan pertama kali ini berjalan lancar, maka tidak akan lama lagi iklannya bisa muncul. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk jenis tertentu. Namun sebelum terlalu banyak menambahkan kode iklan, sebaiknya pelajari pula tentang Asinkron.

Baca: Percepat Loading Blog dengan Script Asinkron Adsense

Setelah iklan terpasang dan tayang di blog, selanjutnya tugas Anda meningkatkan penghasilan. Ada banyak langkah dan taktik yang bisa ditempuh. Namun yang paling mendasar adalah memperbanyak kunjungan. Jenis-jenis iklan tertentu sangat penting diperhatikan. Khususnya Native.

Setelah mengetahui Google Adsense, sebaiknya pula mengetahui Google AdWords. Ada banyak hal bisa dipelajari dari AdWords untuk meningkatkan pendapatan di Adsense.

Sejauh ini, jika masih mengalami kendala dalam cara memasang iklan adsense di blog semoga bisa tercerahkan dengan penjelasan di atas. Pun kalau masih terdapat pertanyaan sekaitan dengan tema di atas silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan.

Salam kreasi!

Cara Verifikasi Blog Wordpress di Search Console

Cara Verifikasi Blog Wordpress di Search Console

 

 

 Search Console atau lasim belaka disebut Google Webmaster Tools merupakan alat yang bisa diberdayakan pemilik website atau blog untuk mempermudah artikel ditemukan di mesin pencari. Alat ini tersedia gratis dan sudah jadi keharusan bagi pemilik website untuk menyetelnya.

BLOG sudah pernah membuat artikel cara menverifikasi blog di Google Webmaster Tools ini. Namun untuk blog dengan platfom blogspot. Kali ini khusus untuk blog yang CMSnya berupa Wordpress. Pada dasarnya tidak jauh berbeda, namun tetap ada beberapa bagian yang tidak sama.

Baca Juga: Cara Menggunakan Webmaster Tools

Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika kita bicara soal Webmaster ini. Salah satunya, mempertanyakan faedahnya menambahkan website ke mereka. Secara umum, melalui Webmaster, kita akan dapat info seputar search query dari satu website. Seberapa sering orang mengklik dan seperti apa dihasil pencarian.

Data-data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki performa website. Misal dapat ide baru untuk tulisan. Contohnya, setelah sebulan ternyata banyak kata kunci yang masuk berupa 'bisnis online', ya, kita kemudian bisa menyasar kata kunci itu.

Yang paling penting, di Webmaster ini kita bisa pula mengajukan sitemap website kita, agar menampilkan artikel menarik yang kita punya. Sekaligus mereka akan merekomendasikan apa saja yang harus diperbaiki untuk menyempurnakan perayapan di mesin pencari. Ini erat kaitannya dengan teknik SEO.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools 

Tahun ini, Google Webmaster Tools juga meluncurkan Search Console versi baru. Meski masih berupa beta, setidaknya tampilannya lebih menarik dari yang lama. Namun informasi yang ditampilkan sangat terbatas. Kita hanya akan menyinggungnya sedikit di akhir artikel.

Langkah 1: Dapatkan Kode Verifikasi

Untuk melakukan verifikasi, Anda tentunya sudah punya blog yang dibuat dari Wordpress. Lalu punya akun Gmail tentu saja. Setelah login ke dashboard Wordpress, selanjutnya mengunjungi situs Google Webmaster Tools untuk mendaftarkan blog dan mendapatkan kode verifikasinya.

Silahkan Sign In menggunakan akun Google yang Anda punya. Jika barhasil laman depan Search Console akan tersedia. Klik 'Tambahkan Properti' dan ketik nama blog yang hendak di daftarkan. Setelah itu tekan 'Tambah'. Ingat penulisan URLnya harus lengkap.

Halaman setelahnya akan muncul tampilan kode verifikasi. Ada metode yang disarankan sama mereka, biasanya mengupload kode HTML langsung ke situs. Tapi harus menggunakan FTP dan itu tidak semua orang bisa jalankan. Maka sebaiknya pilih 'Metode Alternatif'. Lalu centang 'Tag HTML'. Kodenya akan muncul. Saling meta tag tersebut.


Langkah 2: Pasang Kode Verifikasi di WordPress

Untuk memasang kode verifikasi webmaster ke Wordpress ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kalau paham soal pengkodean, bisa langsung memasukkanya ke bilah Editor. Letaknya tepat di atas kode <head>. Namun untuk mengurangi error yang muncul, baiknya kita menggunakan plugin.

Pada dashboard Wordpress Anda, ke tab Plugins dan pilih Add New. Di kotak pencariannya, ketik "Insert Headers and Footers". Jika sudah muncul, seperti gambar berikut, sisa klik Instal dan kemudian pilih aktifkan.


Setelah aktif, pergi ke tab Setting dan pilih Insert Headers and Footers. Selanjutnya tinggal mengpaste kode verifikasi yang sebelum sudah dicopy, tepat di kotak Scripts in Header. Lalu pilih Save atau Simpan.


Langkah 3: Verifikasi

Jika sudah memasang kode verifikasi, kembali ke Google Webmaster Tools dan klik tulisan Verifikasi di bagian bawah. Jika hasilnya seperti gambar berikut, artinya proses verifikasi sudah berhasill. Anda bisa melanjutkan pada pengaturan selanjutnya.


Proses memaksimalkan website di Google Webmaster Tools tidak lepas dari tahapan mensubmit sitemap atau peta situs. Hal ini agar blog yang kita kelola bisa dengan mudah dirayapi robot mesin pencari Google. Tahu sendiri kalau sekarang apa-apa bertanyanya pasti ke Google. Jadi penting untuk mengabarkan peta situs kita di Google.

Bagaimana cara submit Sitemap Wordpress ke Google Webmaster Tools?

Secara umum, ada dua jenis sitemap, ada yang XML dan HTML. Keduanya tugas dan fungsi yang nyaris sama tapi berbeda. XML untuk mesin pencari dan HTML untuk pengguna. Semacam navigasi agar pengguna atau pengunjung blog tidak tersesat di website kita.

Tapi untuk tahapan ini, BLOGOOBLOK hanya akan membahas soal sitemap XML, karena yang kita bicarakan masih seputar Webmaster Tools.

Baca Juga: Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools

Blog Wordpress tidak seperti Blogspot yang dengan mudah memiliki sitemap otomatis. Kita harus membuatnya sendiri. Ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuatnya. Misal Yoast SEO, selain untuk membuat sitemap, plugin ini juga memudahkan kita memasang keyword dan lain-lain.

Tapi, untuk saat ini saya memilih menggunakan plugin Google XML Sitemap. Caranya hampir sama pada saat mengintal plugin 'Insert Headers and Footers' di atas. Setelah di instal, maka secara otomatis akan terbentuk sitemap untuk blog kita.

Meski strukturnya sudah tentu http://blogkitadotcom/sitemap.xml, namun kamu bisa memastikannya langsung dengan membuka bagian Settings. Pilih XML-Sitemap dan akan muncul URL blog mu dengan tulisan sitemap di belakangnya.


Setelah membuat sitemap untuk blog Wordpress kita, kembali ke Webmaster Tools. Pilih tab 'Perayapan' lalu 'Peta Situs'. Atau kalau Google Search Console yang baru, klik untuk menuju halamannya. Biasanya ada di pojokan kiri atas di dashboard Webmaster Tools.

Untuk memasukkan, tekan tombol merah di pojok kanan yang tulisannya kurang lebih seperti ini 'Tambahkan Peta Situs'. Akan muncul kolom isian, kalian hanya tinggal memasukkan sitemap.xml di belakang URL blog. Setelah itu tekan 'Kirim'.


Maka akan muncul sitemap tersebut di daftar yang tersedia. Robot Google akan bekerja dan menjelajahi isi blog kita. Jika belum semuanya dirayapi, hasilnya akan tertulis 'Tertunda'. Namun jika berhasil seluruh sitemap itu dicrawl, akan muncul tampilan seperti berikut.


Itu artinya, blog Anda sudah berhasil dilaporkan ke Google. Sebagai contoh, blog di atas sudah dideteksi 44 artikel. Setiap kali kita melakukan update di blog maka, webmaster tools akan juga bekerja untuk melaporkan ke Google bahwa ada update.

"Hei Google, BLOG sudah melakukan update, kalau ada yang mencari soal ini itu, silahkan tunjukkan ke orang yang beruntung itu," begitu kira-kita komunikasi antar mereka.

Meski sudah menyerahkan sepenuhnya ke Webmaster Tools untuk urusan perayakan, bukan berarti alat ini tidak punya peranan. Jika data sudah terkumpul banyak, mereka bisa memberi masukan yang baik untuk website kita kedepannya. Jadi secara berkala-lah mengunnjunginya.

Baca Juga: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger

Tapi tugas utama dan paling pertama sebagai blogger sudah kita lakukan. Melakukan verifikasi sebagai tanda bahwa blog ini milik kita, tidak bisa diklaim lagi oleh orang lain dan meneruskan tugas untuk dirayapi mesin pencari dengan submit sitemap.

Semoga bermanfaat. Jika ada hal lain yang hendak ditanyakan sekaitan dengan Search Console a.k.a Google Webmaster Tools, silahkan berbagi di kolom komentar. Akan dengan senang hati saya bantu, pun banyak teman-teman lain yang juga siap memberi masukan.

Salam kreasi!

Apa Itu Blog?

Apa Itu Blog? 

 

 Pertanyaan dasar yang harus dijawab saat pertama kali mengenal kata blog adalah, Apa itu blog?. Darimana asalnya, untuk apa dan seperti apa rupanya?.

Tentu sangat naif rasanya jika mengangap semua orang telah tahu tentang ini. Sayapun awalnya, harus mencari-cari kesana kemari tentang apa itu blog? Hingga akhirnya menetapkan pilihan untuk menggelutinya.


Merujuk pada laman Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log. Sebuah aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

(Baca: Cara Membuat Blog Blogspot Dari Awal)

Era sosial media dewasa ini telah menggiring blog menjadi satu kekuatan besar. Sehingga wajar rasanya untuk mempelajari blog ini lebih jauh.

Sejarah Blog

Blogger.com adalah media blog pertama kali yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.Com 2002 yang lalu.

Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog hingga kini. Varian blog pun lambat laun berkembang, seperti wordpress, blogdetik dan lainnya.

Fungsi Blog

Fungsi blog sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Bahkan kini blog tidak hanya digunakan sebagai catatan online semata, banyak juga yang telah meraup keuntungan financial dari kebiasaan ngebloknya ini. Hal ini akan kita bahas dipostingan lain.

Sebahagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, seperti bloGoooblok ini dan sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis sekaligus seperti kompasiana. Namun apapun dan siapapun pengelolanya, blog tetap merupakan media berbagi tentang banyak hal.

Jenis Blog

Sebagai media berbagi, tentu banyak hal yang bisa dilakukan di blog. Dalam dunia blogging (istilah bagi pengguna blog) dikenal beberapa jenis blog. Diantaranya :
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak 
Namun seiring perkembang, jenis-jenis blog semakin banyak pula dan tak mampu saya sebutkan satu persatu. Setiap orang punya niatan tersendiri saat menjatuhkan pilihan menggeluti dunia blog.

(Baca: Cara Membuat Postingan di Blogger)

Internet adalah jendela dunia tanpa ujung yang nyata. Sehingga menjadi bagian didalamnya juga merupakan wujud nyata, dimana peradabam manusia sedang berganti dari waktu kewaktu. NgeBlog (istilah blogging bagi blogger di Indonesia) adalah bagian dari perubahan jaman.

10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger

10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger

 

 Google sebagai raksasa mesin pencari di dunia telah melahirkan banyak layanan bagi penggunannya. Bahkan untuk orang-orang yang orientasinya bisnis. Hampir semua layanan Google ini disediakan secara gratis, walau ada beberapa yang harus berbayar untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Berikut BloGooblok menyajikan 10 layanan Google yang sifatnya wajib bagi seorang blogger. Wajib lantaran layanan ini bisa memaksimalkan blog yang sedang dikembangkan. Apa saja? simak selengkapnya berikut ini:

1. Blogger
Blogger adalah layanan CMS gratis yang disedikan Google buat penggunannya. Anda bisa membaca lebih jauh tentang Blogger dengan dua tulisan berikut ini, Apa Itu Blog? dan Mengenal Lebih Jauh Tentang Blogspot / Blogger. Blog dari Google selalu menautkan domain blogspot.com dibelakang URL-nya, kecuali Anda menggunakan domain sendiri.

2. Webmaster Tools
Setelah memiliki blog, layanan Google selanjutnya yang wajib pula dimiliki adalah Webmaster Tools. Anda bisa menggunakan layanan ini melalui https://www.google.com/webmasters/tools/. Google menyediakan ini gratis buat para blogger yang menggunakan blogpot. Silahkan pejacari Webmaster Tools melalui tulisan ini; Cara Menggunakan Webmaster Tools.

3. Google Analytics
Tidak kalah pentingnya dengan Webmaster Tools, layanan Google yang satu ini juga wajib untuk seorang blogger, yaitu Google Analytics. Anda bisa mendaftar layanan ini melalui laman www.google.com/analytics/. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dua tulisan ini; Apa Itu Google Analytics? dan Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics.

Di Google Analytics Anda bisa melihat total pengunjung Anda bahkan yang sedang online sekalipun. Hebat bukan!

4. Keyword Planner
Keyword Planner ini seyogyanya merupakan fasilitas penunjang dari Google AdWodrs. Namun bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang ingin menganalisa jenis kata kunci untuk blognya. Keyword Planner bisa diakses melalui https://adwords.google.com/KeywordPlanner dengan terlebih dahulu mendaftar di Google AdWords.

Anda bisa membaca penjelasan lebih jauh tentang cara menggunakan Keyword Planner melalui tulisan ini; Cara Riset Keyword Paling Ampuh Untuk Bisnis Online.

5. FeedBurner
Awalnya layanan ini tidak sepenuhnya milik Google, namun kemudian diakuisis dan kini sepenuhnya ada dalam kekuasan Google. Layanan ini juga penting bagi blogger karena mengingatkan kita untuk membuat pengaturan feed. FeedBurner bisa diakses melalui www.feedburner.com/ atau feedburner.google.com/fb/a/myfeeds.

Jika berminat mempelajari lebih jauh soal FeedBurner silahkan baca dua tulisan ini; Apa Itu FeedBurner dan Bagaimana Membuatnya? dan Fungsi dan Cara Aktifkan PingShot di FeedBurner. 

6. PageSpeed Insights
PageSpeed Insights adalah layanan super kece dari Google. Anda bisa mengecek kesehatan dan kecepatan blog Anda dari layanan ini. Google juga menyediakan saran, apa saja yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan pada tampilan blog Anda. Layanan ini dibisa diakses melalui https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

7. Google Trends
Hampir sama peranannya dengan Keyword Planner. Google Trends juga memberikan kita alternatif kata kunci yang bisa digunakan di blog. Google Trends menyajikan data apa saja yang orang-orang sedang cari di Google hari ini bahkan beberapa tahun terakhir. Semua bisa dipelajari untuk menentukan jenis kata kunci yang ingin dipakai. Layanan ini dibisa diakses melalui https://www.google.com/trends/.

8. Google+
Sosial media milik Google ini punya peran penting bagi blogger. Postingan yang tertaut dengan G+ akan mendapat posisi lumayan baik dimata mesin pencari Google. Apalagi jika jumlah ++ didalam postingannya semakin banyak, maka Google akan mempertimbangkan untuk muncul di halaman depan mesin pencari. Jadi buatlah postingan Anda semakin banyak tershare di Google+.

Baca tulisan ini jika Anda belum mengaktifkan Google+; Cara Mengaktifkan Akun Google (+) Plus

9. Google Adsense
Layanan Google yang satu ini sangat wajib bagi seorang blogger, apalagi yang memilih menjadi full blogger. Karena dari Google Adsense inilah kita bisa meraup keuntungan dari hanya sekedar bermain blog. Sayangnya, tidak semua blogger bisa merasakan layanan Google yang satu ini.

Baca cara-caranya agar bisa diterima menjadi pengguna Google Adsense disini; Cara Paling Jitu Daftar Google AdSense Agar Diterima. 

10. Google Code
Google Code adalah situs untuk peralatan pengembang, API, dan rujukan teknis Google. Situs ini antara lain berisi dokumentasi cara penggunaan peralatan pengembang dan API Google, termasuk kelompok diskusi dan blog bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan produk pengembang Google. Ini untuk tahap yang sudah mahir, wajib hukumnya. Layanan yang satu ini bisa diakses melalui https://code.google.com/.

Sebenarnya ada masih banyak layanan Google yang bisa digunakan dan menunjang kinerja seorang blogger, namun 10 layanan diatas bisa mewakili dari sekian banyak layanan Google. Picasa dan Youtube juga merupakan layanan Google yang tidak bisa lepas dari blog.

Kira-kira agan-agan sekalian sudah menggunakan semua layanan diatas atau belum. Atau bahkan ada layanan lain yang tak kalah lebih penting untuk digunakan. Yuk, diskusi dan masukkanya di kolom komentar. Kami tunggu yah!

Sekian dan Jangan Lupa Bahagia!
+Cahyono

Cara Membuat Postingan di Blogspot

Cara Membuat Postingan di Blogspot

 

 

Satu hal yang wajib dilakukan seorang blogger adalah membuat tulisan dan mempublikasikannya. Lasim belaka disebut postingan. Postingan berasal dari kata posting atau menempatkan, memasang, mencatatkan dan pengertian lainnya yang mengarah pada aktivitas membuat dan menayangkannya sesuatu di saluran internet.

Postingan tidak hanya berlaku untuk blog atau situs, tapi lebih umum untuk semua sosial media. Termasuk membuat status di Facebook juga disebut memposting. Tidak melulu pula yang diposting hanyalah kata-kata, bisa video, foto atau bahkan slideshow.

Pada artikel ini alias postingan ini, BLOGOOBLOK akan menerangkan, bagaimana membuat postingan di Blogspot. Lebih eloknya lagi, menampilkannya secara menarik. Karena postingan akan sangat menentukan betah tidaknya pengunjung berlama-lama di blog kita.

Baca: Cara Membuat Blog Blogspot dari Tahap Paling Awal

Langkah 1: Siapkan Artikel

Untuk memposting di blog, hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan artikel yang hendak diposting atau dipublikasikan. Semisal artikel yang kalian baca ini. Saya menyiapkannya sebelum di copy masuk ke bagian blog. Jadi bukan diketik di dasbor blog.

Setelah menyiapkan artikel, siapkan pula gambar pendukung yang kemudian akan disisipkan di bagian blog. Kalau punya video akan lebih menarik lagi. Usahakan pula gambar yang dimasukkan tidak beresolusi besar agar tidak memakan data pengunjung yang mengaksesnya.

Soal mempersiapkan artikel agar lebih menarik lagi, akan kita bahas di artikel berbeda.

Langkah 2: Masuk ke Dashboard Blogspot

Saat login ke dashboard blogspot, yang muncul pertama kali adalah tab postingan. Jika baru pertama membuat blog, isinya pasti kosong. Untuk memasukkan artikel, 'Entri Baru' di bagian atas. Blogspot akan mengarahkan ke halaman postingan.

Tampilannya kurang lebih seperti berikut:


Penjelasan:
  1. Entri Judul: Tempat untuk menempatkan judul postingan
  2. Tab Menu: Di sini ada banyak pilihan menu, termasuk ketika hendak melihat laman editing artikel dalam mode Compose atau HTML. Jika mau memasukkan script gunakan mode HTML. Lalu pasang di bagian mana script tersebut hendak ditempatkan. Untuk mempercantik tulisan pilihannya disini. Termasuk ketika hendak memasukkan gambar. 
  3. Kanvas: Tempat menaruh artikel, baik gambar dan video di susun di tempat ini.
  4. Setelan Entri ada beberapa pilihan. 
    1. Label untuk mengelompokkan tulisan. Jika belum punya label, masukkan nama label yang hendak kamu buat dan klik Selesai. Misal Bisnis Online atau Tutorial Hijab. 
    2. Jadwal untuk mengatur otomatisasi postingan. Jika otomatis, maka tak perlu diutak atik. Alias jika hendak mempostingnya saat itu, maka waktunya akan mengikut waktu berlangsung. Jika hendka mengaturnya esok hari misalnya, setel tanggal dan waktunya. Lalu klik Selesai.
    3. Tautan permanen untuk mengubah URL. Biasanya untuk mempersingkat URL meski judulnya panjang bisa dilakukan di setelan entri ini. 
    4. Lokasi untuk menampilkan dimana postingan ini dibuat, misal Jakarta. Sisa masukkan nama lokasinya dan di mesin pencari akan muncul lokasi artikel tersebut dibuat. 
    5. Deskripsi Penelusuran untuk memasukkan kutipan sehingga mudah ditemukan mesin pencari. Misal memasukkan kata kunci sasaran agar ada informasi awal ketika orang menelusurinya di mesin pencari.  Pilihan pengaturan lain seperti izin kolom komentar, HTML dan tag spasi atau Enter. Bisa dilakukan di setelan entri ini.
  5. Final: Ada pilihan untuk menyimpan artikel alias belum dipublikasikan. Ada pilihan untuk dipratinjau, melihat mode ketika sudah diterbitkan dan Publikasikan, jika semua dianggap sudah layak. Tutup hanya untuk keluar jika kemudian masuk kembali. Ada pula nama penulis yang terkait dengan Google+.
Jika artikel sudah dimasukkan, gambar pendukung pun dilampirkan. Maka sekali lagi lakukan pratinjau untuk melihat kondisinya ketika terbit. Setelah itu klik 'Publikasikan' jika sudah benar yakin. Maka postingan Anda akan tayang di blog.

Selanjutnya Baca: Cara Memasukkan Gambar Dalam Postingan Blog

Lakukan setiap tahapan di atas ketika hendak memposting artikel di blogspot. Semakin banyak postingan yang dibuat akan semakin besar kemungkinan pembaca akan datang. Karena itulah tujuan utama ngeblog, agar tulisan kita dibaca oleh orang lain.


Artikel ini diupdate dengan banyak perubahan pada 17 Maret 2018. Artikel aslinya berjudul "Cara Membuat Postingan di Blogger". Tayang pertama kali 22 Februari 2014.

Salam kreasi!

Tuesday, November 20, 2018

https://download-lagu-mp3.com/gratis/best-lagu-pop-indonesia-terbaru-2018-hits-pilihan-terbaik-saat-ini-enak-didengar-saat-tidur.php

https://download-lagu-mp3.com/gratis/best-lagu-pop-indonesia-terbaru-2018-hits-pilihan-terbaik-saat-ini-enak-didengar-saat-tidur.php